Jumat, 20 Februari 2015

Penambahan kata “sasi”



Penambahan kata “sasi”
Hey, all. Pada tulisan saya ini, saya akan membahas masalah tentang Penambaha kata “sasi”. Kita semua tau, bagi orang jawa, sasi berarti bulan. Seperti contohnya; bayi berumur dua sasi, meninggalnya kakek masih dua sasi dan sebagainya. Tapi, yang membuatku heran  arti sasi dalam Bahasa Indonesia. Seperti yang anda semua tau, banyak kata yang mengandung akhiran “sasi”. Tapi, apa sebenarnya sasi itu?? Saya tidak tau, mungkin anda juga tidak tau, dan bahkan, bukan tidak mungkin sang penulis kata “sasi” tersebut juga tidak tau. Saya sepertinya aneh mendengar kata-kata yang mengandung akhiran “sasi”. Kalau kata-kata seperti contohnya; Globalisasi, virtualisasi, dan sebagainya, saya masih agak paham (walupun mungkin Cuma paham 30%). Tapi, bagimana jika kata itu adalah kata-kata yang tidak pantas diberi akhiran “sasi?? Seperti; gelap-i-sasi, paving-i-sasi, bahkan, Hp-ni-sasi!! Mari kita bahas si bawah.
Seperti yang telah saya ulaskan di atas, ada banyak kata-kata yang dipaksakan diberi akhiran “sasi”, walaupun kata itu sangat amat tidak cocok bila diberi kata “sasi. Memangnya, yang menulis itu tau, arti dari “sasi”??!! Bukannya saya melarang, tapi alangkah baiknya kata-kata Bahasa Indonesia ditulis dengan ejaan yang benar dan tepat. Dan, yang paling parah, saya mendengar kata “paving-i-sasi” dari salah satu SD ternama. Saya mendengar hal itu, karena adik saya, bersekolah di situ. Bahkan, saya juga alumni nya. Dan seingat saya, kata “paving-i-sasi” sudah ada sejak lama sekali. Hal itu bertujuan untuk mengadakan program baru, yaitu sumbangan untuk pemasangan paving.
Untuk mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan peran penuh masyarakat, untuk berpikir dua kali jika akan menambahkan kata “sasi”. Dan dan juga, bila mungkin ada beberapa kata-kata berakhiran “sasi” yang menyimpang dalam media elektronik, diaharapkan pemerintah, khususnya Lembaga Sensor Perfilman Indonesia untuk menyensor kata tersebut, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam masyarakat.
Sekian tulisan saya, tulisan saya ini semoga bermanfaat bagi para Reader.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar