Kamis, 19 Februari 2015

Opini Prestasi SMP Negeri 1 Cluring



Pendapat Mengenai Prestasi Sekolah SMP Negeri 1 Cluring
            Prestasi sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Tanpa prestasi, kehidupan manusia bagai taman tak berbunga. Selain penting bagi kehidupan seorang manusia, prestasi juga sangat penting bagi sekolah, agar sekolah tersebut mendapatkan pamor dan nama baik, sehingga ada sebutan “Sekolah Favorit”.
            Sekolah kita, SMP Negeri 1 Cluring ini memiliki banyak prestasi sangat membanggakan. Prestasi tersebut tidak jarang didapatkan. Kalau dikalkulasi dan ditinjau kembali, SMP Negeri 1 Cluring setiap tahun mendapatkan puluhan prestasi membagakan, baik prestasi akademis maupun non akademis. Sehingga, banyak orang yang beranggapan bahwa SMP Negeri 1 Cluring adalah SMP favorit. Namun, hal ini memang benar, karena, SMP Negeri 1 Cluring tercinta ini memiliki murid-murid yang membagakan. Sudah dibahas di atas, bahwa murid-murid SMP Negeri 1 Cluring telah mendapatkan banyak prestasi, seperti contohnya, untuk akademis, juara 1 olimpiade IPS, juara 1 Olimpiade MIPA, juara 1 OSN IPS tingkat kabupaten, dan sebagainya. Sedangkan untuk non akademis, juara 1 Voli, juara 1 karate, juara 1 pencak silat (yang paling sering), dan lain sebagainya.
Namun, dibalik kisah-kisah membagakan tersebut, ada beberapa hal negatif dari kisah tersebut. Salah satunya, yang paling saya benci, beberapa siswa beranggapan kalau mereka tidak bisa menandingi kepintaran para siswa yang telah memenangkan berbagai pengharagaan. Anggapan itu sangat salah. Karena, mereka menang bukan karena mereka pintar atau jenius, tetapi karena mereka rajin dan sering berdo’a. Dan  faktor yang paling penting adalah keberuntungan, serajin apapun orang itu, segiat apapun orang itu berdo’a, jika memang Allah belum menghendaki, maka orang itu tidak akan menjadi pemenang. Dan satu lagi, yang juga saya benci, beberapa siswa menjadi lebih sombong karena mendapatkan suatu penghargaan. Dapat kita ketahui kalau sombong adalah sifat tercela yang dibenci semua orang, tetapi pernah dilakukan semua orang. Saya menyarankan, jika mendapatkan penghargaan, janganlah bersombong hati, bahkan kalau perlu, penghargaan yang kita dapatkan tidak perlu diketahui oleh banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar